ArticlesNewsAkhirnya, Merger Tokopedia dan Gojek di Tahun 2021

Akhirnya, Merger Tokopedia dan Gojek di Tahun 2021

Merger Tokopedia dan Gojek

Merger Tokopedia dan Gojek | Tokopedia adalah salah satu perusahaan startup terbesar yang ada di Indonesia. Tokopedia menjadi marketplace yang banyak diakses masyarakat Indonesia, karena memiliki tampilan yang bagus dan cara kerjanya mudah dipahami. Tokopedia juga mampu membantu perkembang UMKM, karena banyak pedagang kecil yang menjual barangnya lewat Tokopedia.

Sedangkan Gojek adalah startup yang bergerak di bidang angkutan jasa ojek dan sampai saat ini pengguna aplikasi Gojek sangatlah besar. Gojek berhasil membuka lapangan kerja yang sangat luas, sehingga banyak pengangguran yang mendaftar di Gojek.

Merger antara startup Tokopedia dan Gojek memang sudah menjadi kabar yang beredar sejak lama dan kesepakatan kedua startup ini berhasil dilakukan dengan adanya laporan penandatanganan perjanjian kerjasama atau merger.

Pihak Tokodia dengan Gojek menandatangani perjanjian jual beli dengan syarat atau CSPA. Tak hanya soal merger yang berhasil dilakukan, kedua startup dikabarkan akan segera masuk ke bursa saham.

Pembagian Saham Setelah Merger Gojek dan Tokopedia

Merger Tokopedia dan Gojek

Kesepakatan dalam merger menyatakan bahwa pemegang saham Gojek akan memiliki 60% sahamnya di perusahaan hasil merger dengan tokopedia. Lalu pihak Tokopedia akan memiliki sisa saham sekitar 40%. Merger ini dilakukan dengan negosiasi yang alot dan panjang. Merger memang saling menguntungkan satu sama lain, karena tidak akan ada yang dirugikan.

Dalam sebuah kesepakatan merger antar perusahaan, tentu akan ada kesepakatan mengenai pembangian saham dan negosiasi ini biasanya memakan waktu yang panjang, karena setiap perusahaan tidak mau mengalami kerugian.

Pada dasarnya, merger bisa dilakukan oleh semua perusahaan dan merger sangat positif untuk dilakukan, karena bisa sangat menguntungkan. Kepandaian dari pihak pengelola perusahaan menjadi kunci utama dalam keberhasilan merger.

Merger Tokopedia dengan Gojek Akan Menambah Valuasi

Merger Tokopedia dan Gojek

Merger yang terjadi antara Gojek dan Tokopedia akan membuat peningkatan valuasi sekitar 35 sampai 40 miliar dolar AS. Dengan peningkatan valuasi yang terbilang signifikan, tentu akan menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Baca Juga : Jasa Video Company Profile

Apabila hasil merger Tokopedia dengan Gojek berhasil masuk dalam Bursa Efek Indonesia atau BEI, maka peta persaingan di bursa saham akan semakin ketat. Keduanya akan menjadi perusahaan Indonesia yang memiliki nilai besar di Indonesia dan bisa menduduki peringkat ketiga. Keduanya hanya akan kalah oleh saham Bank Central Asia atau BCA dan Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Sambutan Pemerintah Melihat Tokopedia Bergabung Dengan Gojek

Merger Tokopedia dan Gojek

Pemerintah Indonesia juga menyambut positif langkah merger yang dilakukan Gojek dengan Tokopedia. Merger kedua perusahaan ini akan memberikan dampak yang positif terhadap iklim perekonomian di Indonesia. Upaya ini akan membuat banyak perusahaan besar lainnya melakukan hal yang sama dan membuat persaingan saham menjadi lebih ramai.

Airlangga Hartarto yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian menyebutkan bahwa merger Tokopedia dengan Gojek sangat menguntungkan buat masyarakat luas, karena masyarakat menjadi bisa memiliki saham perusahaan keduanya. Masyarakat berkesempatan untuk punya saham perusahaan besar di Indonesia.

Langkah besar yang dilakukan Tokopedia dengan Gojek, tentu akan berpengaruh terhadap perusahaan lainnya dan akan banyak perusahaan lain yang meniru cara keduanya. Semakin banyak perusahaan Indonesia yang masuk di lantai saham, maka perekonomian Indonesia akan semakin berkembang pesat.

Demikian ulasan lengkap mengenai Merger Tokopedia dan Gojek. Semoga semua bahasan yang tercantum dalam artikel diatas dapat menjadi referensi terbaik dan bermanfaat untuk para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp
Telepon