ArticlesNewsIni Dia Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

Ini Dia Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

Perbedaan DSLR dan Mirrorless | Jenis kamera untuk berfoto atau membuat video sangatlah beragam dan yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia yaitu DSLR dengan Mirrorless. Secara umum, Kamera DSLR dan Mirrorless memiliki kunggulannya masing-masing. Setidaknya ada beberapa Perbedaan DSLR dan Mirrorless yang penting untuk diketahui.

Sekilas Tentang DSLR dan Mirrorless

Digital Single Lens Reflex atau DSLR merupakan salah satu jenis kamera yang memakai cermin untuk melakukan pantulan cahaya dari lensa ke jendela bidik atau viewfinder, sehingga pengguna bisa melihat secara optikal apa yang ditangkap oleh kamera.

Sedangkan Kamera Mirrorless merupakan jenis kamera yang tidak memiliki cermin dan hal ini membuat gambar atau cahaya dari lensa langsung masuk ke sensor, sehingga hampir sama dengan kamera pocket atau smartphone. Namun lensa kamera Mirrorless dapat dilepas dan digantikan dengan kamera DSLR. Setidaknya ada beberapa perbedaan yang mencolok antara kamera DSLR dan Mirrorless.

Varian Lensa

Lensa Kamera DSLR memang terdiri dari berbagai varian dibandingkan dengan Lensa Kamera Mirrorless. Kamera DSLR juga bisa dihubungkan dengan berbagai jenis lensa lainnya seperti lensa fish eye, wide angle, tele dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyak juga produsen yang membuat Lensa Kamera Mirrorless dengan berbagai varian, namun tetap tidak sebanyak Lensa Kamera DSLR.

Viewfinder

Viewfinder yang dipakai dalam kamera DSLR biasanya disebut dengan Optical Viewfinder atau OVF. Keunggulan OVF yaitu bisa melihat gambar secara langsung secara optikal dab responsif, sehingga gambarnya akan terlihat lebir jernih.

Ketika menggunakan kamera Mirrorless, maka pengguna bisa melihat preview gambar di bagian layar Electronic Viewfinder atau LCD. Namun saat melihatnya pada siang hari, akan lebih sulit karena adanya pantulan sinar matahari. Salah satu keunggulan dari EVF yaitu hasil preview gambar yang sama seperti hasil fotonya.

Auto Fokus

Pada dasarnya Kamera DSLR memiliki auto fokus yang lebih cepat, karena memakai mekanisme cermin. Kamera Mirrorless juga sudah banyak dilengkapi dengan auto fokus yang lebih cepat, namun biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Ketika anda memutuskan untuk membeli kamera Mirrorless, pastikan anda membeli yang auto fokusnya lebih bagus.

Ukuran dan Berat Kamera

Perbedaan Kamera Mirrorless & DSLR bisa dilihat dari ukuran dan berat kameranya. Adanya mekanisme shutter dan cermin pada kamera DSLR membuat DSLR memiliki ukuran yang lebih besar dan berat. Sedangkan Kamera Mirrorless tidak membutuhkan penggunaan cermin yang membuat ukurannya lebih kecil dan hal ini membuat Mirrorless lebih mudah untuk dibawa.

Untuk para pemula yang ingin membeli kamera, sebaiknya mencoba dulu membeli kamera Mirrorless dan rasakan sensasi menggunakan Mirrorless. Apabila anda sudah lebih profesional, maka bisa membeli Mirrorless tipe terbaru atau membeli kamera DSLR.

Daya Tahan Baterai

DSLR bisa menampung baterai dengan kapasitas yang lebih besar dan hal ini terlihat dari ukuran bodynya yang lebih besar dibandingkan dengan Mirrorless. Dengan DSLR, anda bisa melakukan foto seharian tanpa takut baterai cepat habis.

Baterai Mirrorless memang lebih mudah habis atau boros dan kapasitas baterainya lebih kecil, karena Mirrorless punya body yang terbilang ramping.

Itulah pembahasan lengkap mengenai perbedaan kamera DSLR dengan kamera Mirrorless yang penting untuk diketahui, agar anda bisa menentukan jenis kamera yang lebih cocok untuk pribadi anda. Berkaitan dengan kualitas keduanya, tentu hampir sama dan pemilihan kamera bisa tergantung dari kebutuhannya.

Semoga semua bahasan yang dibeberkan diatas dapat menjadi referensi informasi terbaik dan bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp
Telepon