Senius Creative

Jasa Pembuatan Website Batam: Tips Memilih Nama Domain Bagi Pemula Sampai Ahli  

Bukan hanya hosting, ketika akan membuat sebuah website kamu juga perlu dengan apa yang disebut Domain. Untuk lebih praktis membuat website, kamu bisa mengandalkan Jasa Pembuatan Website Batam.

Secara sederhana, domain didefinisikan sebagai nama unik yang menjadi identitas sebuah website. Umumnya, nama domain memiliki ekstensi atau nama belakang berupa .com, .net, .org, .id dan sebagainya.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang tips memilih nama domain bagi sebuah website. Berikut ini kami sajikan beberapa tipsnya untuk para pembaca sekalian.

Tips Memilih Nama Domain – Jasa Pembuatan Website Batam

Setidaknya, ada 6 tips dalam memilih nama domain untuk keperluan website yang kamu miliki. Diantaranya adalah:

1. Gunakan Nama yang Mudah Diingat

Hal pertama yang harus dilakukan ketika memilih nama domain adalah memastikan nama domain mudah diingat.

Gunakanlah nama domain yang tidak terlalu panjang dan memiliki susunan kata yang gampang diucapkan.

Jika domain yang kamu miliki ditujukan untuk orang Indonesia, sebaiknya kamu gunakan bahasa Indonesia. Hindari menggunakan nama domain dengan bahasa asing, misalnya seperti hyoudyko.com atau sejenisnya.

Selain sulit diucapkan, nama domain seperti contoh di atas juga sulit ketika diketikkan oleh seseorang.

2. Pilih Ekstensi Domain yang Terpercaya

Perlu kamu ketahui, bahwa ekstensi domain itu sangat banyak. Mulai dari domain berekstensi .com .net .id .co.id .xyz .org dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan ekstensi tersebut sesuai kebutuhan.

Nah, dalam sebuah website, jika memungkinan, sebaiknya kamu gunakan ekstensi domain .com. Hal ini dikarenakan .com sudah banyak dikenal dan familiar dibandingkan ekstensi lainnya.

Pada sebuah website bisnis, hindari untuk menggunakan domain .xyx .web.id dan sejenisnya karena hal tersebut bisa menurunkan kredibilitas bisnis.

Jasa Pembuatan Website Batam

3. Gunakan Keyword on Domain

Bagi website yang dibuat khusus untuk sebuah bisnis berupa penjualan barang atau jasa. Tidak ada salahnya kamu untuk meletakan kata kunci atau keyword pada nama domain.

Contohnya misal kamu membuka Jasa Pembuatan Website Batam. Maka, nama domain yang bisa kamu pilih adalah jasawebsitebatam.com, websitebatam.com ataupun misalnya jasabuatweb.com

Dengan menggunakan keyword pada domain, diharapkan mesin pencarian Google akan lebih mudah menempatkan website kamu di peringkat teratas pencarian.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Lampung

4. Gunakan Nama Usaha

Jika memiliki sebuah usaha, kamu bisa menyelipkan nama brand usaha kamu pada nama domain.

Contohnya ketika kamu mempunyai sebuah nama usaha bernama “Batamiweb” yang bergerak di bidang Jasa Pembuatan Website Batam.

Maka, kamu bisa menggunakan nama tersebut sebagai nama domain. Nantinya website kamu bisa dinamai dengan batamiweb.com, batamiweb.id, batamiweb.co.id dan lain sebagainya  tergantung ekstensi yang kamu pilih.

5. Cantumkan Nama Daerah

Tidak hanya mencantumkan nama bisnis, jika kamu memiliki sebuah bisnis yang spesifik di suatu kota, maka gunakanlah juga nama kota tersebut sebagai tambahan nama domain.

Ketika kamu memiliki usaha yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan website Bandung, cantumkanlah nama Bandung dalam domain yang kamu buat.

6. Pastikan Domain Belum Digunakan

Untuk kamu yang belum tahu, sebuah nama domain tidak bisa digunakan lebih dari satu orang. 1 nama domain hanya untuk 1 pemilik saja.

Maka dari itu, ketika mempunyai ide nama domain, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu apakah nama domain tersebut masih tersedia atau sudah dimiliki orang lain.

Jangan sampai kamu sudah terlanjur senang karena punya ide nama domain yang bagus, eh ternyata domain tidak bisa digunakan.

So, cek terlebih dahulu nama domain di beberapa website yang menyediakan fitur tersebut. Jika masih tersedia, segera beli domain tersebut sebelum nantinya keburu diambil oleh orang lain.

Jasa Pembuatan Website Batam

7. Beli Beberapa Ekstensi Domain Dengan Nama Sama

Jika kamu merencanakan sebuah bisnis besar dan mempunyai budget tinggi untuk membeli domain dan membangun sebuah website. Kamu bisa membeli ekstensi domain dalam jumlah banyak.

Contohnya, kamu misalnya sekarang sudah merintis bisnis Startup yang bergerak di bidang Jasa Pembuatan Website Batam yang dinamai “Batamiaweb”.

Maka, jika nama domain tersedia, kamu bisa membeli ekstensi domain populer yang tersedia. Contohnya batamiaweb.com, batamiaweb.org, batamiaweb.net atau batamiaweb.id

Dengan membeli banyak ekstensi domain, diharapkan nantinya tidak ada orang/kompetitor yang menggunakan nama brand di website untuk tujuan tertentu.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Makassar

8. Beli Domain di Tempat Terpercaya

Untuk membeli sebuah domain, kamu bisa menggunakan beberapa layanan Website terpercaya seperti misalnya Domainesia, Niagahoster, Hostinger, GoDaddy dan lain sebagainya.

Hindari untuk membeli domain di tempat yang kredibilitasnya dipertanyakan. Walaupun domain kamu pada awalnya bisa digunakan. Namun, pada beberapa kasus, masalah bisa terjadi nanti ketika kamu akan melakukan perpanjangan.

Penutup

Itulah tips dalam memilih nama domain yang bisa kamu gunakan ketika akan membangun sebuah website untuk bisnis online, blog, portofolio perusahaan ataupun usaha tertentu.

Membuat website memang cukup sulit dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Bagaimanapun membuat website membutuhkan keahlian khusus.

Adapun, jika misalnya kamu ingin mempunyai website tapi tidak bisa membuatnya, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang ini banyak sekali jasa pembuatan web yang bisa kamu gunakan.

Salah satu jasa yang direkomendasikan diantaranya adalah Jasa Pembuatan Website Batam Dari Senius Creative yang melayani pembuatan website khususnya bagi warga Batam dan umumnya bagi warga Indonesia secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *