ArticlesNewsJasa Pembuatan Website Bekasi : Tahapan Membuat Website Bagi Pemula

Jasa Pembuatan Website Bekasi : Tahapan Membuat Website Bagi Pemula

Banyak pemula yang baru bergelut di dunia online dan tertarik ingin membuat website. Namun mereka kesulitan membuat web. Sebenarnya, langkah paling mudah untuk membuat web secara praktis adalah dengan memanfaatkan Jasa Pembuatan Website Bekasi.

Tahapan Membuat Website Bagi Pemula : Jasa Pembuatan Website Bekasi

Jika anda ingin membuat sebuah website, maka perlu memperhatikan tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Meskipun akhirnya, harus menggunakan Jasa Pembuatan Website Bekasi. Namun setidaknya, anda tetap harus mengetahui bagaimana cara membuat website untuk pemula. Berikut ulasannya :

1. Menentukan Jenis Website

Silahkan tentukan jenis dan ide website yang perlu dilakukan sebelum membuat web. Anda bisa mencari inspirasi lewat internet untuk menentukan tipe web yang ingin dibuat. Pada poin ini bisa mempermudah anda untuk melakukan beberapa langkah berikutnya, semisal memilih platform web dan domain murah.

Ada beberapa jenis web yang harus anda ketahui, seperti web pribadi atau blog, website online shop, website situs berita, website portofolio, website forum dan lain sebagainya. Tentukan, jenis website yang bagaimana yang akan anda buat?

2. Memilih Platform Website

Tentu saja pemula yang masih awam dengan web, akan kesulitan dengan pengkodean atau coding. Bahkan anda tidak perlu harus mengetikkan lagi kode HTML, PHP dan CSS. Di samping rumit, pembuatan web melalui langkah tersebut membutuhkan waktu cukup lama.

Sebagai solusinya, anda bisa memakai WordPress. WordPress merupakan platform pembuatan website yang sangat mudah, tanpa mengharuskan anda menguasai bahasa pemrograman. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan klik instalasi, mengisi deskripsi website, memasukkan nama, hingga memilih template, selanjutnya website sudah bisa dipakai dan diakses lewat internet.

Menariknya lagi, anda dapat membuat situs web gratis memakai WordPress. Walaupun gratis, tentu saja website yang dapat anda peroleh dari WordPress tidak berkualitas. Justru sebaliknya, anda dapat menjadikan website ini dengan kualitas yang terbaik.

Ada banyak perusahaan yang telah mempercayakan websitenya dengan menggunakan WordPress.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Bekasi

3. Memilih Web Hosting Dengan Tepat

Meskipun anda sudah menggunakan website gratis dari WordPress, tetap saja harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk menyimpan beberapa data website melalui hosting sekaligus untuk melakukan pembelian nama domain.

Maka langkah pertama, anda harus memilih layanan web hosting yang ingin digunakan. Web hosting ialah tempat menyimpan file-file website, karenanya bisa diakses dengan cara online. File-file seperti plugin, tema, kode HTML, teks, draft konten dan media tersimpan pada hosting.

Layanan hosting terdiri atas beberapa jenis, diantaranya cloud hosting, VPS, dan shared hosting. Tiap-tiap jenis tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

4. Memilih Nama Domain

Tidak hanya hosting, tentu saja anda juga memerlukan domain ketika membuat website. Domain bisa dikatakan sebagai alamat website. Fungsi domain adalah sebuah alamat web supaya orang-orang dapat mengakses situs web dengan mudah di browser.

Domain yang dipilih tidak selalu berekstensi .com saja. Tetapi anda juga dapat memilih satu dari beberapa opsi ekstensi domain, diantaranya web.id, co.id, .site, .xyz, .info, .site dan lainnya.

Dalam memilih nama domain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu pilih kata-kata atau nama domain yang gampang diingat dan dieja, jangan hanya terpaku dengan ekstensi .com saja, tetapi juga bisa menggunakan ekstensi domain lainnya, sebaiknya hindari pemakaian angka dan tanda hubung.

Anda harus memastikan nama domain yang dipilih tidak sama dengan nama domain yang dimiliki orang lain. Selain itu, sebaiknya tentukan nama domain yang padat, jelas dan singkat.

5. Install WordPress Pada Web Anda

Langkah selanjutnya, anda tinggal menginstall WordPress untuk website anda. Apabla lupa mengaktifkan Auto Install WordPress saat membeli hosting, maka langkah-langkah yang harus dilakukan dengan login cPanel, kemudian membuka Softaculous Installer, lalu baru mengklik Install Now.

6. Login Dengan Masuk ke Dashboard WordPress Anda

WordPress yang sudah diinstall ialah WordPress default. Sehingga semua pengaturan yang tersedia masih dasar. Adapun yang harus dilakukan adalah melakukan optimasi settingan supaya website yang dihasilkan lebih optimal.

Jika ingin melakukan optimasi WordPress, maka anda harus login ke dashboard WordPress terlebih dahulu.

Setelah masuk ke WordPress, selanjutnya anda akan langsung diarahkan menuju dashboard WordPress. Fungsi dashboard adalah sebagai tempat untuk mengakses seluruh fitur yang ada pada WordPress, mulai dari konfigurasi, tema dan plugin.

Dalam dashboard tersebut anda dapat mengelola WordPress, mulai dari melakukan pengaturan, membuat halaman, menerbitkan konten, menambahkan plugin, serta yang lainnya.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Surabaya

7. Memasang Tema Menarik

Ketika melakukan instalasi WordPress tapi tidak memilih tema, maka Website anda secara otomatis memakai tema WordPress secara default.Mungkin anda tetap dapat memakai tema default.

Akan tetapi, apabila anda tidak cocok menggunakan tema WordPress secara default untuk mendeain situs web, maka ada banyak opsi tema WordPress yang dapat dipilih secara gratis. Sebaiknya pastikan pilih tema SEO friendly dan original. Jangan sampai memakai tema bajakan, karena dapat berbahaya bagi website anda.

8. Optimasi SEO

Jika anda muncul pada halaman pertama mesin mencari Google,sebaiknya anda belajar optimasi SEO dan mempraktikannya pada website anda. Caranya adalah dengan membuat sitemap, mengubah permalink, dan install plugin SEO.

Itulah tahapan-tahapan untuk membuat website bagi pemula. Jika anda kesulitan untuk membuat website dan melakukan optimasi SEO sebaiknya percayakan pada Jasa Pembuatan Website Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *