ArticlesNewsCara Membuat Website Toko Online dengan Jasa Pembuatan Website Pekanbaru

Cara Membuat Website Toko Online dengan Jasa Pembuatan Website Pekanbaru

Saat ini Jasa Pembuatan Website Pekanbaru sangat dibutuhkan untuk pembuatan toko online. Apalagi kebiasaan Masyarakat dalam berbelanja offline, kini beralih ke belanja online.

Meski potensi toko online dapat menggerakkan ekonomi yang besar, namun masih banyak pelaku usaha belum memasarkan produknya secara online. Alasannya juga beragam, mulai dari tidak menguasai teknologi terkini hingga rendahnya kepercayaan terhadap aspek keamanan dari online shop.

Cara Buat Website Toko Online untuk Pemula dengan Jasa Pembuatan Website Pekanbaru

Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website Pekanbaru  yang kini sudah banyak tersedia, atau bisa melakukannya sendiri. Untuk bisa membantu Anda memulainya, di bawah ini sudah ada beberapa langkah membuat website toko online yang harus dipahami.

1. Beli domain dan Sewa hosting untuk website

Hosting merupakan salah satu tempat yang ada di dalam website untuk meletakkan domain dan konten website. Sedangkan, domain merupakan alamat dimana hosting menjadikan lahan toko Anda berdiri.

Tanpa adanya hosting, maka Anda tidak akan bisa langsung memiliki online shop. Beruntungnya, saat ini Anda sudah lebih mudah membeli domain dan menyewa hosting karena penyedianya sudah banyak. Sebelum Anda membeli domain dan hosting, maka pastikan melakukan komparasi harga terlebih dahulu sebelum memutuskan pilihan.

2. Memasang Content Management System (CMS)

Setelah Anda mempunyai domain dan hosting, maka perlu memasang sebuah Content Management System (CMS). Melalui adanya CMS, Anda akan lebih mudah dalam mengatur konten dan tampilan dari website toko online.

Salah satu CMS yang umumnya digunakan oleh toko online adalah WordPress. Hal ini karena CMS sudah terkenal dan mudah digunakan.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Lampung

3. Memasang plugin khusus untuk website toko online

Jasa Pembuatan Website Pekanbaru

Apabila Anda sudah memasang WordPress sebagai CMS, maka bisa lanjutkan dengan menginstal plugin khusus toko online. Misalnya saja toko online seperti WooCommerce.

Hanya dengan menggunakan WooCommerce, Anda akan bisa menggunakan berbagai macam fitur yang mampu membuat toko online Anda semakin intuitif. Untuk bisa memulainya, Anda harus bisa mengisi beberapa data pelengkap.

Misalnya saja seperti alamat toko, mata uang yang digunakan, serta jenis produk yang dijual. Setelah itu, Anda akan diminta memilih metode pembayaran yang ingin diinstal pada website toko online.

Pilihan standarnya adalah PayPal, tapi Anda juga dapat menambahkan metode pembayaran lain di kemudian hari. Kemudian, Anda dapat memilih mengatur berapa besaran dari tarif pengiriman produk.

4. Isi konten toko online

Langkah berikutnya, bisa mengisi konten untuk online shop Anda. Untuk bisa  menambahkan produk, maka harus mengklik menu Product dan langsung pilih Add New. Setelah itu, Anda akan diminta langsung untuk bisa melengkapi informasi terkait produk tersebut.

Baik itu, dari nama, deskripsi produk, kode produk, kategori produk, harga, hingga foto produk. Anda juga dapat langsung menambahkan data seperti berat produk untuk memudahkan penghitungan biaya kirim yang harus dibayar oleh pelanggan.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Makassar

5. Gunakan payment gateway

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Masyarakat Indonesia memang menyenangi fleksibilitas pembayaran. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menginstal plugin payment gateway tambahan yang akan mengakomodir kebutuhan pelanggan Indonesia.

Untuk di Indonesia sendiri, saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang lebih fokus menyediakan payment gateway bagi toko online, misalnya saja Midtrans.

Manfaat Membuat Website Toko Online Melalui Jasa

Jasa Pembuatan Website Pekanbaru

Cara membuat website toko online tidak akan direkomendasikan bila tidak memberikan keuntungan bagi usaha. Secara umum, setidaknya ada 3 keuntungan dari membuat website toko online yang bisa dirasakan, antara lain:

1. Mampu Meningkatkan penjualan

Apabila selama ini usaha Anda masih offline, maka jumlah pelanggan potensialnya juga ikut terbatas. Sementara itu, bila Anda ingin membuat online shop, maka jumlah pelanggan potensialnya hampir tidak terbatas.

Hanya dengan internet, Anda dapat langsung terhubung dengan orang dari pelosok daerah sampai luar negeri. Jadi semakin luas jangkauan Anda, maka tentunya akan semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan.

2. Lebih efisien dari segi biaya dan waktu

Selanjutnya, bila Anda menjalankan toko offline di ruko atau kios milik orang lain, maka pastinya akan dibebankan biaya sewa. Ada juga biaya lainnya seperti air, listrik, biaya perawatan, biaya iuran kebersihan yang bila dijumlahkan akan mencapai jutaan rupiah.

Apabila Anda membuka Website toko online, maka biaya seperti ini bisa dipangkas cukup signifikan. Sehingga nantinya margin keuntungan Anda bisa jadi lebih besar.

3. Terhubung dengan target konsumen yang tepat

Apabila Anda memiliki toko offline, maka sarana iklannya tidak lebih dari banner, spanduk, atau brosur. Namun, bila Anda ingin membuka toko online, maka bisa lebih mudah dalam mengiklankan produk melalui Facebook Ads atau Instagram Ads.

Hanya dengan menggunakan dua layanan tersebut, Anda akan langsung menargetkan iklan kepada orang-orang yang sekiranya tertarik dengan produk. Dengan begitu, kemungkinan pembelian juga akan lebih besar lagi.

Jadi bila Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan website toko online, maka bisa memilih Jasa Pembuatan Website Pekanbaru Dari Senius Creative. Jasa ini akan membantu semua kebutuhan Anda dalam pembuatan website yang bagus dan menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon
WhatsApp