Kategori
News

Jasa Pembuatan Website Semarang : Intip Kriteria Hosting Terbaik dan Tips Memilihnya

Layanan hosting ibarat rumah untuk website anda. Maka dari itu, penting sekali memilih hosting terbaik, agar tidak merugikan. Di samping itu, pastikan anda memilih Jasa Pembuatan Website Semarang terbaik untuk menghasilkan website yang berkualitas dan profesional.

Dalam memilih hosting, sebaiknya anda harus mengetahui apa yang anda butuhkan terlebih dahulu. Silahkan fokus dengan prioritas anda.

Jasa Pembuatan Website Semarang – Kriteria Hosting Yang Baik

Supaya anda tidak bingung, terapkan beberapa kriteria hosting terbaik berikut jika anda hendak memilih hosting, antara lain :

1. Tingkat keamanan

Pastikan hosting bisa menjamin keamanan bagi website anda. Misalnya saja dengan proteksi DdoS dan malware, serta SSL gratis.

2. Tingkat Kecepatan

Cek banyak faktor pendukung performa server. Sebut saja seperti storage, bandwidth serta plugin optimasi untuk kecepatan website.

3. Skalabilitas

Hostingnya harus mempermudah anda dalam berkembang. Seperti menawarkan berbagai macam pilihan paket sesuai kebutuhan website.

4. Bantuan dari Tim Support

Layanan support penyedia hosting merupakan salah satu kriteria penting bagi web hosting yang harus anda cermati. Pastikan apakah mereka melayani customer-nya selama 24 jam/7 hari penuh dengan live chat, phone support ataukah email.

Anda hanya perlu mencocokkan keperluan website dengan kriteria di atas. Apabila jumlah pengunjung blog atau website sedikit, sebaiknya pilih hosting dengan sumber daya server yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Palembang

Tips Memilih Hosting yang Baik

Sebelum anda menggunakan Jasa Pembuatan Website Semarang, ada beberapa tips memilih hosting terbaik yang perlu dipahami terlebih dahulu berikut ini :

1. Menentukan Platform Sesuai Keinginan

Platform yang dipakai untuk pembuatan website adalah faktor terpenting yang harus diperhatikan saat memilih hosting. Kebanyakan website di Indonesia dibuat memakai platform WordPress. Karena platform ini dianggap SEO friendly dan lebih mudah dipakai.

Di samping itu, ada juga platform lainnya, seperti WIX, Blogger, dan lainnya.

Walaupun platform-platform di atas dapat berjalan pada layanan hosting apapun, namun sangat disarankan memilih hosting yang telah dibuat sesuai kebutuhan.

2. Cek Jenis Website

Tips memilih web hosting selanjutnya ialah pertimbangkan jenis website. Layanan hosting biasanya hadir lewat berbagai pilihan paket.

Selain itu, setiap website mempunyai karakteristik berbeda sesuai fungsi dan jenisnya. Contohnya, jika ingin membuat website atau blog pribadi, sebaiknya pakai web hosting murah dengan kisaran harga belasan ribu saja per bulannya.

Akan tetapi, apabila anda tertarik membuat website toko online yang menawarkan banyak pilihan produk dengan aktivitas traffic besar, maka anda dapat memilih hosting VPS (Virtual Private Server) dengan performa lebih baik.

Biasanya hosting VPS khusus untuk pemilik web berskala besar, sebab sumber daya jenis hosting ini hanya dipakai pemiliknya.

Lain halnya dengan jenis shared hosting yang memungkinkan beberapa pengguna dapat menggunakan sumber daya dalam satu server.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Tangerang

3. Jenis Konten

Anda juga harus menentukan jenis konten apa yang nantinya akan disajikan pada website. Karena jenis konten ini nantinya berpengaruh dalam pemilihan paket hosting.

Sebab kebutuhan situs web yang kebanyakan berisi artikel pastinya jauh berbeda daripada website gambar atau video streaming.

Sehingga sebagai pemilik situs web, penting sekali mengetahui tujuan dari pembuatan web itu sendiri. Apakah ke depannya anda akan membuat website hanya berisi gambar, tulisan atau video yang dapat ditonton pengunjung.

Misalnya, jika nantinya website hanya berisi  konten artikel biasa, maka memakai paket termurah sekalipun sudah bisa mencukupi keperluan anda.

Akan tetapi, jika anda ingin membuat sebuah situs web streaming video, maka memakai dedicated server lebih disarankan.

4. Keamanan Data Target Audiens

Pastikan pula memilih hosting yang menjamin keamanan data dan kenyamanan target audiens. Jika anda mempunyai target audiens dari Indonesia, sebaiknya pakai provider hosting yang mempunyai data center Indonesia.

Memakai hosting dalam negeri selain memangkas routing juga lebih mudah berkomunikasi saat terjadi kendala. Sementara itu, dilihat dari teknologi dan keamanan, DCI (Data Center Indonesia) kini sudah sangat canggih.

5. Harga

Faktor lainnya adalah harga. Banyak pengguna yang enggan memilih hosting yang terbaik karena harganya yang terlalu mahal. Namun jangan khawatir, karena tidak semua penyedia web hosting menawarkan harga tinggi untuk mendapatkan jaminan kualitas.

Sebaiknya cari informasi tentang harga web hosting yang terbaik dengan penawaran harga lebih murah, karena ada banyak web hosting yang menawarkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

6. Kapasitas Hosting

Mengingat pembeli biasanya membuat situs web dari 0, tentunya tidak ada cara akurat untuk dapat menghitung kapasitas hosting. Jumlah kapasitas penyimpanan web hosting umumnya terdiri atas 500 MB sampai 1 TB.

Berdasarkan pengalaman, kapasitas yang paling kecil pada hosting tidak dapat memenuhi kebutuhan Website atau blog pribadi yang terus diperbarui secara konsisten.

Tidak hanya dipakai untuk menyimpan file berupa artikel dan sistem saja, tetapi anda juga memerlukan ruang apabila ingin mencadangkan data dengan cara manual.

Bagi pengguna yang memulai pembuatan situs web, sebagai saran sebaiknya pilih paket hosting yang terbaik dengan kapasitas penyimpanan setidaknya 1 GB.

Jika anda membutuhkan bantuan untuk membuat website, jangan ragu memilih Jasa Pembuatan Website Semarang Dari Senius Creative yang dapat membantu anda membuatkan web untuk bisnis. Sehingga, anda tinggal memakainya untuk berbagai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis! Konsultasi Pembuatan Web
Exit mobile version